Rusia Akan Didiskualifikasi, Jika Rusuh Kembali

UEFA sudah mengeluarkan sikap begitu tegas dari aksi rusuh para suporter Rusia serta Inggris yang terjadi di Marseille beberapa waktu kemarin.

Pada pernyataan yang berhasil dirilis pada laman resmi dari mereka, UEFA, melalui Badan Kontrol, Etika ditambah Kedisiplinan menjadikan keputusan akan aksi ricuh para pendukungnya itu.

Dengan pertimbangan yang sudah terjadi masalah ricuhnya antar suporter, pemakaian kembang api serta sikap rasis yang ditampilkan pendukung mereka, UEFA langsung memberikan hukuman terhadap Federasi Sepakbola Rusia dengan sebuah denda senilai €150,000.

Namun selain itu, tim nasional Rusia juga memperoleh suatu ancaman untuk didiskualfikasi pada turnamen Euro 2016 mengingat kerusuhan yang disebabkan para pendukung mereka tersebut.

Jika menurut artikel 20 Regulasi Disiplin dari UEFA, diskualifikasi diberikan sampai turnamen selesai. Hukuman ini akan baru diberikan apabila kejadian yang hampir sama terjadi pada stadion di sisa pertandingan tim Rusia di turnamen ini.

Badan Kontrol, Etika serta Kedisiplinan UEFA telah memberikan peluang terhadap RFU buat menjalankan banding dari hukuman itu.