Perjuangan Siswi SMA 02 Ratahan Lolos Paskibraka Dengan Sepatu Robek

Perjuangan Siswi SMA 02 Ratahan Lolos Paskibraka Dengan Sepatu Robek – Perjuangan siswi SMA 02 Ratahan, Minahasa Tenggara, Sulut, Ribka Yuliana Syalom Owu tidak percuma. Ia pada akhirnya dapat lolos jadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskribraka) di Istana Negara.

” Memang saya terasa suka waktu dengar kesuksesan Ribka, ” kata ibu Ribka, Citra Kario, Minggu (22/7/2018).

Semenjak masih tetap di bangku SD, Ribka Owu diketahui menjadi anak kuat serta berprestasi. Ia kerap juara kelas serta jadi pemimpin di beberapa organisasi. Ribka mulai tertarik dengan kegiatan Pasukan Baris-berbaris (PBB) waktu dianya masih tetap SD. Ia mulai berlatih dengan konsentrasi dalam grup Paskibraka di SMP.

Ketekunannya berlatih PBB saat ini membawa hasil saat ia dibangku SMA, ia sukses lolos seleksi empat step dari penyaringan di tingkat sekolah ia dipilih dalam 5 dipilih.

Di tingkat kabupaten diseleksi dari pada 120-an pelajar, Ribka lolos. Serta diseleksi lagi di tingkat propinsi ada 30 pelajar serta pada akhirnya tembus dapat jadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 2018 kelak.

Sehari-harinya Ribka Owu di tempat tinggalnya yaitu seperti umum. Seperti anak simpel yang lain, ia rajin menolong ibunya bersihkan rumah. Seperti membereskan tempat tidur, menimba air sumur, bersihkan piring sampai memberi makan ayam peliharaannya didalam rumah.

” Ayahnya almarhum tidak dapat melihat secara langsung keberhasilannya. Saya tidak sempat kepikiran Ribka dapat tembus hingga sampai ke Istana, ” tutur Citra.

Ribka Owu mengakui mempunyai sepatu andalan yang membawanya sukses. Yakni sepatu yang robek disebabkan berlatih. Keadaan sepatunya telah terbuka serta sisi kanan kiri sepatu robek.

” Ribka masih mengucap sukur, perjuangan serta ketekunan Ribka dalam berlatih membawa hasil walau berlatih dengan supatu yang telah robek, ” kata Citra.