Penyakit Katarak Bisa Dicegah Sejak Bayi

Penyakit Katarak Bisa Dicegah Sejak Bayi – Penyakit katarak yang dihadapi oleh Rayyan Gibran Ridha Radardja (5 bulan) , putra ke-2 presentar Asri Welas, buka mata pemula juga akan penyakit mata yang dapat terkena bayi.

Satu diantara pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa itu yaitu perlunya lakukan pengecekan peranan pandangan bayi sedini mungkin saja.

Menurut dr. Yunia Irawati, Sp. M (K) , 70 % pandangan seseorang anak juga akan dibuat pada dua th. pertama usianya. ” Karna itu perlu banget mengecek serta bertindak supaya tidaklah sampai terlambat kelainannya jadi permanen, ” katanya.

Yunia menerangkan, kita dapat menyaksikan karna otak kita merekam apa yang dipandang. Hal tersebut berlangsung mulai sejak bayi dilahirkan serta dengan bertahap ketajaman pandangan juga akan jadi bertambah bersamaan umur.

” Kalau yang direkam tak ada, jadi mata tidak menyaksikan. Dalam satu pengujian, ke-2 mata normal, namun satu mata ditutup selalu. Nanti sesudah tutupnya di buka mata itu juga akan buta atau terbatas jarak pandangnya, ” tutur dokter dari RS Jakarta Eye Center ini.

Sebagai orang-tua kita memanglah butuh waspada serta lebih siaga pada kelainan mata yang mungkin saja terkena. ” Biasanya anak tidak mengeluh apa-apa, baru tahu sesudah anak sekolah ada kelainan. Kadang-kadang telah terlambat, ” katanya.

Ia memberikan, bayi baru betul-betul dapat menyaksikan dengan baik di umur seputar tiga bulan. Walaupun demikian, orang-tua dapat menguji peranan pandangan bayi untuk menyaksikan responnya.

” Cobalah uji dengan mainan yg tidak berbunyi, apakah pandangan matanya dapat merespon, ” paparnya.

Orang-tua semestinya siaga apabila bayi tidak sempat menyaksikan muka ibu kala disusui atau di ajak bicara, ada bintik putih di bola mata, maupun mata bayi tidak menghadap pada mainan yang digerakkan.

Diluar itu, bayi yang lahir prematur juga butuh memperoleh pengecekan mata dengan teratur. ” Bayi prematur umumnya retina matanya belum juga prima, ” kata Yuniar.

Kelainan mata pada bayi prematur biasanya memanglah belum juga tampak pada umur satu atau dua minggu sesudah kelahiran. Karna itu sesudah umur sebagian bulan dibutuhkan pengecekan penambahan.