Pariwisata Indonesia Di Akui Dunia Gunung Rinjani

Pariwisata Indonesia Di Akui Dunia Gunung Rinjani¬† –Sehabis perjuangan yg cukup panjang, area Gunung Rinjani di NTB selanjutnya diputuskan jadi geopark dunia. Ini berita senang buat pariwisata Indonesia.

” Alhamdulillah udah telah diputuskan pada sidang Unesco Executive Board tempo hari (Kamis) di Paris. Geopark Rinjani saat ini resmi menjadi anggota baru UNESCO Global Geopark, ” kata General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul, seperti dalam launching yg di terima dari Kementerian Pariwisata, Senin (16/4/2018) .

Chairul berterima kasih terhadap segala pihak yg sudah menunjang perolehan Rinjani menjadi geopark dunia itu. Sinyal tanda Gunung Rinjani dapat jadi Global Geopark sebetulnya sudah nampak, yakni selagi NTB ditunjuk menjadi tuan-rumah Asia Pasific Geopark Network Symposium. Atau, pertemuan semua anggota Geopark se-Asia Pasific pada 2019.

” Dengan cara de facto, Gunung Rinjani udah masuk jadi geopark dunia mulai sejak ditunjuknya NTB jadi tuan-rumah kerjaan Asia Pasific Geopark Network Symposium pada 2019. Tapi pengumuman resminya di keluarkan pada April 2018. Dan penyerahan piagam menjadi anggota baru geopark dunia dapat dijalankan di Italia, September 2018, ” tuturnya.

Dengan penambahan status itu, akan ada pergantian di Area Gunung Rinjani. Diantaranya, area Gunung Rinjani dapat jadi tambah di promosikan ke penduduk internasional. Termasuk di beberapa ratus geopark dunia yang lain. Ini tentu berimbas pada bidang pariwisata NTB.

” Di semua dunia ini ada beberapa ratus UNESCO Global Geopark. Dengan masuknya Gunung Rinjani jadi Unesco Global Geopark pasti jadi arena promosi yg efisien lebih-lebih buat bidang kepariwisataan NTB. Pastinya, dapat jadi tambah banyak wisatawan internasional yg tertarik buat bertandang ke Gunung Rinjani, ” tangkisnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut-ikutan senang. Menurut dia, jadi tambah banyak pernyataan dunia yg singgah ke Indonesia, jadi tambah menambah pamor Indonesia. Penetapan ini juga menaikkan kujungan wisatawan ke NTB. Imbasnya pasti penambahan ekonomi NTB.

Benchmark-nya ada China atau Korea yg sukses meningkatkan geopark. China sukses meningkatkan Yuntaishan Geopark pada awalnya th. 2000 dikunjungi 200 ribu wisatawan, bertambah jadi 1, 25 juta wisatawan dengan pengumpulan devisa sebesar US$ 90 juta pada 2004, sehabis dua th. join dengan GGN UNESCO.

” Demikian juga Jeju Island Geopark di Korea Selatan th. 2011 dikunjungi 7 juta wisatawan. Saya meyakini Area Gunung Rinjani akan jadi nge-hits kembali ” kata Menpar Arief