Pandangan Amien Rais Di Debat Pilpres 2019

Pandangan Amien Rais Di Debat Pilpres 2019 – Dewan Pembina Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais memandang tidak ada yang menonjol dari calon wakil presiden Maruf Amin dalam debat pemilihan presiden.

Menurut dia, Maruf Amin semakin banyak keluarkan alasan yang normatif daripada substantif.

“Saya simak memang benar ada yang menonjol. yang menonjol itu hampir tidak ada peranan kiai Maruf Amin, saya lihat semacam itu,” katanya di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam.

Selanjutnya, ia memandang Prabowo Subianto semakin banyak diam serta tidak menyerang balik saat lawan calon bertanya pertanyaan yang mengarah memojokkan.

“Ke-2 pak Prabowo sangat santun benar-benar tidak ingin nyerang balik, itu mungkin ada juga hikmahnya,” tuturnya.

Diluar itu, Amien bingung pada sikap Jokowi yang keluar dari tema pemkajian.

Karena ia menjawab yang semestinya sesuai dengan kerangka pertanyaan yang di kemukakan Prabowo.

“Ada beradu alasan, masalah Prabowo ucap kades mengatakan suport dipenjara, Jokowi balas masalah ratna Sarumpaet?,” katanya.

Berlainan dengan Amien Rais, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy memandang jika Prabowo semakin banyak tunjukkan gimiknya di banding intisari debat.

Ia memandang Ketua Umum Partai Gerindra itu berupaya menghindar dari pertanyaan yang diserahkan.

“Serta barusan kita lihat Pak prabowo seperti kehilangan kesetimbangan sampai sudah sempat menari-nari dengan gimik, menunjukkan ya seperti salah tingkah demikian,” kata Rommy, sapaan akrabnya.

Sama seperti dengan Prabowo, Rommy memandang Sandiaga Uno pun menjawab mengarah yang tidak substansial.

Sebab ia semakin banyak mengulas rumor ekonomi, dibanding rumor hukum serta HAM sama dengan topik.

“Ya saat ditanyakan mengenai kepastian hukum berbicaranya tetap mengenai lapangan pekerjaan yang itu terpenting dikerjakan oleh Sandiaga Uno,” tutupnya.