Ombilin Sawahlunto Merupakan Museum Warisan Dunia

Ombilin Sawahlunto Merupakan Museum Warisan Dunia – Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) menggerakkan selekasnya dibentuknya tubuh pengelola warisan budaya dunia tambang batu bara Ombilin, Sawahlunto. Sesudah itu dibutuhkan penuturan dengan pemda.

” Harapannya selekasnya (bentuk tubuh pengelola) , kita ini gunakan momen ini (penentuan UNESCO) untuk selekasnya berkata dengan pemprov, kabupaten, serta semua stakeholder untuk selekasnya membuat tubuh pengelola, ” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (7/7/2019) .

Menurut Hilmar hal itu searah dengan ketentuan yang ada. Ia mengharapkan tubuh ini selekasnya dibuat pada tahun ini.

” Lantaran ini instruksi UU 11 tahun 2010, tidak usahlah warisan dunia, yang nasional saja sesungguhnya daerah harusnya membuat tubuh pengelola. Itu paling masuk akal ditambah lagi banyak kebutuhan, ” kata Hilmar.

” Jika bangun suatu hal, rapat , rapat . Jika bangun tubuh pengelola semi permanen dalam skema kita akan tambah lebih baik. Harapannya di 2019, ” sambungnya.

Tidak cuman langkah bersama-sama pemda, Hilmar telah mengandaikan 4 instansi kementerian yang akan terjebak sama dengan bidannya.

” Kementerian yang waktu ini bisa dipikirkan, kami Kemendikbud, Kementerian PUPR, Kementerian pariwisata, Tubuh Ekonomi Kreatif, itu yang tentunya. teman temen Sawahlunto, ” ujarnya.

Untuk kementeriannya sendiri, Hilmar mengemukakan akan tambah banyak kerja pada sektor pelestarian serta pemugaran. Hal itu dijalankan supaya tidak menabrak ketentuan saat tambang batu bara Ombilin ditingkatkan.

” Kita kelak subtansi ya, menegaskan kelestarian, masalah narasinya, tenaga pakar, semisalnya menegaskan pemugaran, peningkatan, itu tidak menabrak ketentuan yang ada. Kawan-kawan arsitek sejauh ini telah kerja sama-sama secara baik.

Kedepannya, pengelolan tambang batu bara Ombilin ambil jalan tengah dari beberapa sisi. Sampai-sampai pembangunan ekonomi di peroleh serta pelestariannya terbangun.

” Pendekatannya win-win, tidak menaklukkan semua, kita mencari jalan dengan efisien. Pembangunan ekonomi bisa, pelestarian juga bisa. Saya duga contoh itu dunia banyak, ” tambah Hilmar.

Awalnya, dikabarkan pertambangan batu bara jaman kolonial Belanda, Ombilin, di Sawahlunto, Sumatera Barat, diputuskan jadi warisan duniakategori budaya. Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) mengusahakan pernyataan ini semenjak 2016.