Diterjang Puting Beliung, Seorang Pemotor di Tulungagung Terluka Akibat Tertimpa Pohon

Diterjang Puting Beliung, Seorang Pemotor di Tulungagung Terluka Akibat Tertimpa Pohon – Hujan lebat dibarengi angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Mengakibatkan beberapa ratus pohon roboh dan beberapa puluh rumah rusak. Seseorang pengendara motor luka karena tertimpa pohon.

Angin puting beliung itu menerjang Desa Ngunut, Gilang, kelompok serta Desa Sumberejowetan. Efeknya atap rumah masyarakat banyak yang beterbangan terikut pergerakan angin. Tidak hanya pohon-pohon memiliki ukuran besar roboh serta tentang rumah-rumah masyarakat.

Salah seseorang masyarakat Agus Arimimbi, menjelaskan puting beliung itu berjalan seputar 10 menit, waktu itu di seputar temnpat upayanya berlangsung hujan lebat, saat yang bertepatan muncul pergerakan angin dari arah timur serta langsung menyapu pohon-pohon ataupun bangunan yang dilintasi.

“Cuacanya itu gelap, lalu ada seperti kabut putih. Ini warung saya terkena semua, ada yang tertimpa pohon juga. Di belakang warung itu ada kandang ayam potong yang berisi beberapa ribu rubuh. Sangat banyak yang rusak di seputar sini,” kata Agus, Jumat (22/2/2019).

Tumbangnya beberapa ratus pohon itu sempat juga tutup beberapa akses jalan antar desa ataupun antar kabupaten. Untuk buka akses, petugas BPBD Tulungagung dibantu aparat TNI, Polisi serta masyarakat bergotong royong singkirkan batang pohon yang melintang. Sampai Jumat petang proses pembersihan pohon roboh masih tetap dikerjakan oleh team kombinasi.

Camat Ngunut, Rahadi menjelaskan sekarang ini pemerintah masih tetap lakukan pendataan efek rusaknya rumah mauipun sarana umum karena musibah itu. Pihaknya belumlah dapat pastikan jumlahnya bangunan yang rusak.

“Sekarang ini proses pendataan masih tetap berjalan, yang pasti jika desa sesaat ada empat yang terdampak, sedang rumah yang rusak kami prediksikan sampai beberapa puluh. Yang kronis itu ialah rumah-rumah yang tertimpa pohon,” tutur Rahadi.

Selain itu Kapolsek Ngunut, Kompol Siti Nurinsana Natsir, menjelaskan musibah puting beliung itu tidaklah sampai memunculkan korban jiwa. Akan tetapi pihaknya mengaku ada seseorang pengendara sepeda motor yang tertimpa pohon besar waktu melintas di Desa Gilang.

“Korban selamat, akan tetapi alami luka-luka. Sekarang ini telah dibawa ke rumah sakit untuk proses perlakuan medis,” tuturnya.