Begini Cerita Dibalik Foto Cahaya Terbelah di Gunung Sindoro

Begini Cerita Dibalik Foto Cahaya Terbelah di Gunung Sindoro – Photo serta video penampakan sinar matahari dari balik Gunung Sindoro, Jawa Tengah ramai dikaji di sosial media. Sinar matahari di langit itu seolah terbelah diatas gunung.

Penampakan cahaya matahari di Gunung Sindoro itu diupload account Instagram @emi_lefy. Dari photo tampak bayangan gelap diatas gunung sesaat segi kanan serta kiri tampak lebih jelas.

” Kejadiannya itu Senin (6/8) pagi kira-kira jam 06. 15 WIB udah nampak gradasinya. Photo saya ambillah jam 06. 21 WIB, ” kata Emy Lestari Fitriyana sewaktu dihubungi, Rabu (8/8/2018).

Emi menuturkan dia juga terasa takjub dengan panorama itu. Dia mengumpamakan sinar itu bak cahaya senter yg secara langsung menyorot mengarah gunung. Emi mengemukakan dianya sendiri gak merubah photo itu.

” Seperti ada benda kita senteri, yg tidak mengenai sinar kan mengenai bayangan gelap. Jika gunungnya menghadap ke mbak yg disenteri dari bawah kanan. Jadi yg tidak mengenai sinar kan item seperti tidak ada awan terbelah, ” kata guru SMP Watumalang itu.

Dihubungi terpisah, Kepala Sektor Diseminasi Pusat Sains Antariksa Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging menuturkan kenyataan itu merupakan momen alam biasa. Dia menyebutkan kenyataan itu berlangsung sebab sinar matahari terhambat gunung.

” Sinar matahari terhambat gunung saja, hanya kebetulan sinar matahari kehalang gunung. Itu bayangan, itu hal yg biasa, dampak optis biasa, ” jelas Sungging.

Sungging memberi tambahan kenyataan itu serupa dengan cahaya antikrepuskular alias anticrepuscular rays. Cuma saja bedanya cahaya antikrepuskular sinar matahari terhambat awan, dan kenyataan ini sinar matahari terhambat gunung.

” Prinsipnya hampir mendekati, bukan suatu yang wajib di gemparkan, ” terangnya.